VOLUME 17, NOMOR 2, OKTOBER 2015
rssN 1410-9883
FORUM KOMUNIKASI ILMIAH DAN EKSPRESI KREATIF ILMU PENDIDIKAN
Masyarakat Ekonomi AEAN (MEA) Antara Ancaman dan Tantangan Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Anaphor, Cataphor, and Exophor in Postcard Texts Membangun Intensi Kewirausahaan Bagi Mahasiswa LPTK Alternatif Menyiapkan Kemampuan Memasuki Lapangan Kerja Baru yang Mandiri
sebagai
Teaching Speaking Using Describe and Draw Technique
Scrutinizing Students'Writing Using 6 + 1 Trait Writing to University Students Grammatical Errors in Essay Writing at English Department Students . Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Mahasiswa Offering C melalui Model Pembelajaran Advance Orgunizer Implementasi PhoTransEdit dalam Pengajaran Pengucapan Bahasa Inggris Effectiveness of Using Reciprocal Method in Teaching Reading Comprehension Pelaksanaan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar
Figurative Language in The Selected poems of William Shakespeare Applying Mind Mapping Strategy in Speaking Learning Activity Penerapan Active Learning untuk Menanamkan proses Berpikir
Intuitif pada Mahasiswa
Pengembangan Modul Expository Essuy Writing Berbasis Scienffic Approach untuk Mahasiswa STKIP PGRI BLITAR
rssN 1410-9883
CAKRAWALA PENDIDIKAN Forum Komunikasi llmiah dan Ekspresi Kreatif llmu Pendidikan Terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober terbit pertama kali APril 1999
Ketua PenYunting Kadeni
Wakil Ketua Penyunting Saiful Rifa'i Penyunting Pelaksana R. Hendro Prasetianto Udin Erawanto Riki Suliana Prawoto
PenyuntingAhli Miranu Triantoro Masruri
Karyati Nurhadi Pelaksana Tata Usaha Yunus
Nandir Sunardi
KalimantanNo.lll Blitar,Telp- {O3P) 801493' ditambah ongkos kirim Rp. 5.(mO,00- Uang langganan
AtamatPenerbit/Redaksi: STKIPPGRIBIitaT,
iunggun^2 nomor sitahun Rp. 50.000,QQ dap
iiatirlm
dengan we
se
I
Jl.
ke alamatT ataUs aha.
CAKRAWALA SENDIDIKAN diterbitkan oleh Sekolah Ti"gg Kegurum dan ilmu Pendidikan pGRlBlitar. Ketua r pir. ffi karyati,M.Si,PembantuKetua:-M.fnanalrsyadt,ST,M-Pd
penyunting menerima sumbangan tulisan yang-belum pernah dit€ftitkan dalam media cetak lain. Syara:t-ryurut, iordut, Aufi utr*r, tqtt plil artikej dapat diry4_ks? p*,|,:r!"]"k !.?F: oi r"rirf"t Gi;fiLd;iu." 3"*ur ini. Naskah yqd mastit ditelaah oleh Penvunting finilai kelayakannya. Penytinting melakukan penyuntinqal atatt dan Mitra Bestari
iii"lil,
p;;ilhr"
""to[ puau tulisan yang dimuat tanpa mengubah maksud isinya'
lssN 1410-9883
CAKRAWALA PENDIDIKAN Forum Komunikasi llmiah dan Ekspresi Kreatif ltmu pendidikan Volume 17, Nomor 2, Oktober 201S
Daftar Isi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Antara Ancaman dan Tantangan Miranu Trtantoro
118
Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Udin Erawanto
r28
{rypho5
Cataphor, and Exophor in postcard Texts
138
R. Hendro Prasetianto
Membangun
Kewirausahaan B_agi Mahasiswa LPTK sebagai Alternatif Kemampuan Memasuki Lipangan r.r:" yang firlandiri .._::.. Yenyiapkan Ekbal Santoso -Intensi
T1i}1;i?r:peaking
n.*
Using Describe and Draw rechnique
147
157
lcrutinizing Students'Writing Using 6 + I Trait Writing to University Students Ardini
Dessy Ayu
GrammaticalErrorsinEssayWritingatEnglishDepartmentStudents
163
173
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Mahasiswa offering melalui Model Pembelaj ar an Adiance Organizer -. _....:......... Zemmy Indra Kumala Dewi
c r8l
Irynfgmengsi PhoTransEdit dalam pengajaran pengucapan Bahasa Inggris M. Ali Mulhuda
188
Effectiveness of Using Reciprocal Method in Teaching Reading Comprehension............ Susianti, Nurhadi Mujoto
t96
P:le,l:ju,n Kendalpn Bermotor di Dinas perhubungan, I:[\::,Llll lrlul_Tun tr omunlt
201
208
Applying Mind Mapping Strategy in Speaking LearningActivity....
218
Wiratno
Penerapan A! t iv e Le ar n in g untuk Menanamkan proses
Pjda Mahasiswa Cicik Pramesti
..............-..
Berpikir Intuiti
f ...........r............
engembang?n M9q* g gt Wr i t i n gB erbas i s S c i e n t iji c App ro pCzu El,meif .........:....-.__._.._.........................a c h untuk Mahasiswa STKIP *": ':"""""""" Annisa Rahmasari, Saiful P
*
! Z|y Rifa'i
setting dan cetak
Desain sampul : H. prawoto
: "PM"
designphotdgraphy-dukuiTkarangsari-\gl z0
sl
g7 s4
225
234
PENGEMBANGAN MODUL EXPOSITORY ESSAY WRITING BERBASTS SCIE NTI FIC APPROACH
UNTUK MAHASISWA STKIP PGRI BLITAR Annisa Rahmasari, Saiful Rifati rifo
i. s a
iful @g m a i l. c o m
STKIP PGRI BLITAR
:
Penelitian ini bermaksud secara specific untuk menyediakan Modul Pembelajaran Expository Essay Writing. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pengem6angan (R & D) dengan menerapkan, model pengembangan modul yang dikembanglian oleh Diclq W.dan Carey, L. Langkah-langkah penelitian R & D terdiri dari 10 langkafi sebagai berikut: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) P_esry produk, (a) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uii cota pemakaian, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi masal. Hasil uji coba kelompok besar dapat disimptrlkan bahwa dari aspek sampuV cover, kata pengantar, daftar isi, daftar :gambar, petunjuk/ panduan, kerangka isi pembelajaran, tujuan pembelajaran, uraian isi pembelajaran, rubric penilaian, daftar pustaka, dan rangkuman sudah layak digUnakan sebagai modul pembelajaran Expository Essay Writing.
Abstrak
Kata Kunci : modul, expository essay writing, scientific approach Abstract : This research specifically aimed to construct a module of Expository Essay Research and Development (R & D) approach, ofwhich the Dick,'W. Writing. It applied -i model was applied. The steps of the research are as follows: (1) and Cirey, identificaiion of the problem, (1) collecting the data, (3) Product design, (4) validation, (5) Revision, (6) try out of the product, (7) revision of the product, (8) try out of th9 imptementation, (9) revision of the product, and ( I 0) multiplying of the product in a such significant number. Based on the result of the try out done in.a.big scale, it could b9 drawl a ionclusion that the cover, preface, table of content, table of gictures, teacher and student's guide, the ut line of content of the learning, the leaming objectives, the content of the module, the scoring rubrics, references, and the summary of the module are
acceptableused
as a
learningmodule ofan expository essaywriting.
Key Words : modul, expository essay writing, scientific approach
PENDAHULUAN Expository essay writing adalah
kenyataannya kemampuan menulis essay mahasiswa masih sangat rendah dan masih
salah satu matakuliah yang diajarkan di prodi
jauh dari tingkat lanjut (advanced level). Mereka masih belum Paham tentang
bahasa Inggris semester enam. Dengan tujuan
organisasi penulisan, belum mampu membuat
untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan
paragraph yang unified, supporting s entences
yangcoherenf, belum mampu membtat topic sentence yang spesifik sehingga dapat
ketrampilan menulis essay pada tingkat lanjut
(advanced level), tetapi selama ini 234
235 CAKMWALA PENDIDIKAN, Y)LUME
17,
NoMoR 2, 0KToBER 2015
dikembangkan menjadi paragraph yang baik yang dapat menj elaska thesis s t at em ent y ang
t
ada
di akhir ParagraPh Pembukaan
(introduction).
Menurut hasil Pengamatan tim
METODE
Model pengembangan
Yang digunakan dalam pengembangan modul expository essay writing, berbasis scientific approach untuk mahasiswa STKIP PGRI
peneliti, penyebab rendahnya kemampuan mahasiswa dalam expository essay writing
Blitar adalah model rancangan pembelajaran
adalah bahw a hand out yang digunakan dosen
terdiri dari I 0 langkah, Yakni: a) Identifikasi Tujuan (Identity Instructional
dalam mengajar expository ess&y writing disusun sembarangan dan tidak melalui proses yang ilmiah serta masih berbasiskan
Dick, W. and Carey, L. (2001). Model tersebut
Goals).
b)Melakukan Analisis Instruksional (Conducting
pendekatan yang konvensional, handout-nya
disajikan sebagai berikut: judul, definisi, contoh essay, penjelasan dan latihan. Dalam membawakan matakuliah expository essay writing, dosen tidal< pernah melibatkan
pembelajaran expository essay writing di STKIP PGRI Prodi Bahasa Inggris hanya menggunakan handout yatrg biasanya disusun
B
writing berdasarkan prinsip
e) Pengembangan Tes Acuan Patokan (Developing Criterian-Referenced Test Items).
f)
writing Berbasis Scientific Approach untuk Mahasiswa STKIP PGRI Blitar" diambil sebagai judul penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan modul expository essay writing berbasis Scientific Approach untuk mahasiswa STKIP PGRI Blitar yang di desain lebih praktis, efektif dan efisien.
Pengembangan Strategi Pengajaran (Developing Instructional Strategy).
dan memilih bahan Pengajaran (DeveloP And Select
g) Pengembangan
Instructional Materials).
h) Merancang dan Melaksanakan Evaluasi Formatif (Designing and Conducting Formative Evaluation).
pendekatan
ilmiah (scientific Approach). Oleh sebab itu "Pengembangan Modul expository essdy
Kinerja (Write
Performance Obj ectives).
berbasiskan pendekatan ilmiah.
Berdasarkan Pemaparan faktafakta diatas, tim peneliti tertarik untuk mengembangkan modul expository essay
ehaviours, Characteristic).
d) Merumuskan Tujuan
dengan sangat sederhana dengan pendekatan
konvensional dan bukan modul Yang
Goal AnalYsis).
c) Mengidentifikasi Tingkah Laku Awal/ Karakteristik Siswa (ldentity Entry
mahasiswa dalam proses pembelajaran
(teacher centered). Pendek kata,
a
i)
Revisi Pengajaran (Instructional Revitions).
j) Menulis Perangkat (Designing and Conducting Summative Evaluation). Sedangkan langkah-langkah penenelitian dalam pebelitian
ini, peneliti
menerapkan, teori yang dikembangkan oleh
Sugiono, menurut SugiYono (2009), langkah-langkah penelitian R & D terdiri dari t0 langkah sebagai berikut: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain,
Rahntasari, Rifa'i, Pengembangan Modul Expository Essay
Writing 236
(5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9)
adalah sebagai berikut: 1)
Revisiproduk, dan (10) Produksi masal.
pembelajaran ilmiah essay writing di STKIP
Uji
Coba Froduk, tahap ini
mempunyai tujuan untuk memvalidasi hasil dari pengembangan modul pembelajaran
writingdi STKIP PGRI Blitar. Langkahlangkahuji cobaproduk, sebagai berikut: (1) es s ay
Ahli
writing, Ahli essay writing sebagai pembimbing pada essay
PGRI Blitar adalah Drs. Nurhadi Muyoto, M.Pd, 2) Ahli , Rancangan Pengembangan
Ahli
Rancangan Pengembangan sebagai pembimbing pada pembelajaran ilmiah essay
uji coba, (2) subjek uji coba, (3) jenis
writing di STKIP PGRI Blitar adalah Drs. R Hendro Prasyanto, M.Pd, 3) Uji Coba
data, (4) instrumen pengoleksian data dan (5)
Lapangan Subjekuji coba lapangan dalam hal
tehnik menganalisis data.
ini adalah dosen essay writingdan mahasiswa
desain
Uji Coba Tujuan pada adalah untuk mengetahui
Rancangan
bagian
ini
ketertarikan dan keefektifan produk yang sedang dikembangkan sebelum produk di
di STKIPPGRIBIitaT.
Jenis data dalam penelitian pengembangan modul ini adalah data
terapkan pada target. Dalam rancangan ini,
kwalitatifyang diambil dari jawaban dari para ahli melalui instrument yang berupa angket
(l) Uji-ahli (2) Uji
yang meliputi: (1) ketepatan isi bahan ajar, (2)
Uji
coba dilakukan 3 kali:
terbatas dilakukan terhadap kelompok kecil
ketepatan pemilihan media,
sebagai pengguna produk; (3) Uji-lapangan
rancangan pembelajaran,
(field Testing). Dengan uji coba
bahan ajar, (5) kemenarikan bahan ajaA (6)
kualitas
(3)
(4)
ketepatan
keefektifan
model atau produk yang dikembangkan benrl-
keefisiensi bahan ajar.
betul teruji secara empiris. Ada berapa tahapan dalam uji coba produk: uji ahli atau validasi, bagian ini dilakukan dengan menggunakan responden para ahli
Teknik pengumpulan data dalam pengembangan modul expository essay writing ini menggunakan angket yang bertujuan untuk memperoleh data tentang
perancangan model atau produk. Kegiatan
ini
ketepatan isi bahan ajar, ketepatan pemilihan
dilakukan untuk mereview produk awal, memberikan masukan untuk perbaikan.
media, ketepatan rancangan pembelajaran, keefektifan bahan ajar, kemenarikan bahan
Kemudian dilakukan analisis konseptual dan hasilnya dilakukan revisi tahap 1, dilanjutkan
ajar, dan keefisiensi bahan ajar. Sehingga angket disusun berdasarkan indikatorindikator yang berkaitan tujuan penelitian. Angket itu terdiri dari: (l) untuk Ahli essay
uji
coba kelompok kecil, atau
uji
terbatas
dilakukan terhadap kelompok kecil sebagai pengguna produk selanjutnya dilakukan revisi
2,
selanjutnya dilakukan Uji Coba Lapangan (field testing) diteruskan Telaah Uji Lapangan dan revisi tahap ke-3, dan hasilnya tahap
merupakan produk
akhir dan
dilakukan
diseminasi produk.
Subjek
uji
writing, (2) untuk Ahli
rancangan pembelajaran, (3) untuk dosen essay writing, (4) untuk mahasiswa kelompok kecil maupun
kelompok besar sebagai uji lapangan. Angket
dirancang dalam bentuk dengan menggunakan skala Linkert dengan bobot: 5
coba pada penelitian ini
bagi jawaban (sangat sesuai, sangat jelas,
237 CAKMWALA PENDIDIKAN,I/OLUME
17, NOMOR 2, OKTOBER 2OI5
sangat menarik, sangat tepat, dan sangat mudah), 4 bagi jawaban (sesuai, jelas,
essay writing, sebagai berikut, untuk chapter
menarik, tepat, dan mudah), 3 bagi jawaban
1: 1) PengertianThree Parts of an fissay,2) Pengertian Model essay, 3) Introductory
(cukup sesuai, cukup jelas, cukup menarik,
Paragraph, Body Paragraph, Concluding
cukup tepat, dan cukup mudah),
2
bagi
jawaban (kurang sesuai, kurang jelas, kurang menarik, kurang tepat, dan kurang mudah),
1
Paragraph dan Writing assignment sudah
Untuk cbapter 2: 1) Chronological order, 2) Comparison/ contrast organization, sesuai.
bagi jawaban (sangat kurang sesuai, sangat
3) Cause
kurang jelas, sangat kurang menarik, sangat
Linking Words of Cause And Effect sudah sesuai hanya pada Writing assignment belum
kurang tepat, dan sangat kurang mudah).
Dalam teknik analisis data uji coba
writin gdilakukan dengan
3: 1) Connecting Ideas, 2) Connecting Ideas By Coordination, 3) Connecting Ideas By Subordination, dan
kualitatif
Transition Signals sudah sesuai, untuk chapter
pengembangan bahan ajarl modul pembelaj
ar an es s ay
andEffect,4) Graphic Organizers, 5)
cara menganalisis secara deskriptif
sesuai, untuk chapter
dan mengubahnya menjadi data dalam bentuk
5: Writing process dan Expository
perhitungan kuantitatif yang besarnya seperti
sudah sesuai.
yang telah di uraikan dalam skala Linkert. Dan
hasilnya akan dipergunakan untuk mengukur
Saran ahli essay (ahli isi) 1) walaupun kalau ditinjau isinya sesuai tapi
tingkat kelayakan modul yang dikembangkan
saya sarankan agar Chapter 2 dipecah-pecah
dengan kriteria sebagai berikut:
sehingga chronological order, Comparison/ contrast organization, Cause and Effect, dapat
Tabel Skala Penilaian
Nirai
*iffiil, #ffff" 4-5 3
--4
-3 t-2 I
Sareatlayak
Essay
o$*ff' Tidak perlu revisi Tidak perlu revisi
disajikan pada chapter terpisah sehingga mahasiswa dapat mendalami materi secara lebih comprehensive, 2) Mohon diberikan
Orkuplalak
Tidak perlu revisi
latihan berupa aktivitas menulis pada setiap
Kuraglayak
Perlu revisi
chapter sehingga proses experimenting yang
Perlu rwisi
diharapkan oleh scientific approach bisa lebih
Sargat
lorag layak
tercapai (latihan mohon ditekankan pada kemampuan menulis bukan hanya
HASIL Data yang dimaksud adalah data dari
mengidentifikasi). Karena produknya sebuah
penilaian ahli Essoy Writing terhadap buku
modul, maka saya sarankan modul ini lebih
bahan ajarEs say Writingyang berupa tinjauan
specific bahasannya. Mengingat ada beberapa
hasil isi matakuliah tentang kesesuaian isi pembelajaran untuk mencapai tujuan
jenis Essay Writing: expository Agumentative,
pembelajaran pada buku bahan ajar (Modul
modul ini membahas Expository Writing saja.
Essay Writing untuk mahasiswa program studi bahasa Inggris STKIP PGRI Blitar).
Sehingga
descriptive writing, maka disarankan agar
judul dalam cover juga
harus
dirubah, termasuk dalam subject matter.
Iktisar Data Hasil Penilaian Ahli Matakuliah
fungkasan revisi produk bahan ajar
Isi Modul expository
Expository Essay Writing, dari data hasil
Essay lV'riting, tentang
Rahmasari, Rtfa'i, Pengembangan Modul Expository Essay
penilaian ahli isi matakuliah essay writing. Semua chapter dalam hasil pengembangan
telah divisi dan hasilnya mulai chapter
1
sampai dengan chapter 5 sudah sesuai dan
lhriting
23g
rubric penilaian sudah baik; 7) Tampilan Daftar Pustaka: Ketepatan penulisan, kejelasan jenis huruf yang digunakan dan
ahli isi telah
tampilan daftar sudah baik. Berdasarkan data hasil penilaian ahli rancangan pembelajaran,
dipenuhi, yaitu: Cover yang berjudul Essay
maka disimpulkan bahwa secara umum mulai
Writing sudah dirubah menjadi Expository
dari sampu
Essay Writing, subject matter yang berjudul
isi, daftar
semua yang disarankan oleh
ll
cov er,kata pengantar, bab,
daftar
Essay Writing juga sudah dirubah menjadi
gambar, panduan dosen dan mahasiswa, tata letak epitome, tata letak
Expository Essay Writing.
rubric penilaian, dan tampilan daftar pustaka
Hasil produk pengembangan dari ahli essay witing selanjutnya dinilai oleh ahli
sudahjelas, sesuai, tepat, menarik dan mudah.
rancangan pembelajaran. Data dari hasil ahli
dosen matakuliah, agar produk yang telah direvi si ahli rancangan pembelaj aran ini dapat
rancangan (Desain) ini berupa data kualitatif
artinya hasil ini berupa komentar dan saran yang dihimpun dengan menggunakan angket. Pada angket langsung dapat kita baca hal tersebut, komentar dan saran ahli rancangan
dilakukan secara langsung. Berikut ini disajikan ikhtisar data hasil penilaian, komentar, saran serta tanggapan dari ahli rancangan pembelajaran:
I
) Tampilan sampul
(cover): Tata letak tulisan dalam sampul, warna sampul sudah baik;2) Kata Pengantar: Tata letak tulisan, pemilihan jenis huruf dan ukuran huruf yang digunakan sudah baik dan
sesuai;
3) Daftar Isi:
Tata letak tulisan,
Uji coba lapangan yang melibatkan
dinilai. Data hasil penilaian yang dilakukan dosen matakuliah berupa data kualitatif yaitu komentar dan saran yang dihimpun dengan menggunakan angket. Pada angket ini tertera komentar dan saran secara langsung yang dilakukan dosen matakuliah Essay writing dan hasilnya sebagai berikut kerangka isi, tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan
modul, uraian
isi
pembelajaran rubric
penilaian, latihanl tugas, daftar pustaka dan
rangkuman sudah sesuai, jelas, menarik,
tepat, mudah dan bermanfaat. Hal ini menunjukkan buku/ modul essay writing
pemilihan jenis huruf dan ukuran huruf yang digunakan sudah baik dan sesuai; 4) panduan
tersebut sudah memenuhi syarat kelayakan
dosen dan mahasiswa: Kejelasan isi petunjuk
writing. Penilai memberikan komentar/ saran,
penggunaan, kejelasan bahasa yang digunakan dalam petunjuk, dan rumusan
untuk pegangan dosen buku modul ini sudah
tujuan pembelajaran sudah jelas dan baik; 5) Tata Letak Epitome: Tata letak opitome tiap Bab, jenis huruf yang digunakan, dan ukuran
huruf yang digunakan sudah jelas dan baik; 6)Tata Letak Rubric penilaian: Kejelasan
sebagai bahan matakuliah expository essay
memenuhi syarat. Tetapi untuk mahasiswa perlu ditampilkan gambar-gambar/ foto obyek
yang lebih menarik dan yang benar-benar menggunakan bahan/media yang sesuai,
Berikutnya setelah melalui tiga tahap
nrbric penilaian, bahasa yang digunakan
uji coba: uji coba ahli matakuliah Essay Writing, uji coba ahli rancangan
dalam rubric penilaian, dan tingkat kesesuaian
pembelajaran, dan
uji coba lapangan/
dosen
239 CAKMWAI,A PENDIDIKAN,
VOLUME 17, NOMOR 2, OKTOBER 2OI5
matakuliah, dilanjutkan dengan uji coba yang terakhir yaitu uji coba buku ajarl modul untuk
isi matakuliah Essay writing, uji coba ahli rancangan pembelajaran, uji coba
mahasiswa, baik kelompok
maupun
lapangan/ dosen matakuliah Essay writing, uj i
kelompok lebih besar. Berikut ini dipaparkan
Iapanganl mahasiswa kelompok kecil dan
hasil tinjauan kelompok kecil mahasiswa Writing. Komentar dan saran dari mahasiswa
kelompok lebih besar dapat disimpulkan bahwa Produk pengembangan buku bahan ajarl modul expository essay writing untuk
akan digunakan sebagai pijakan untuk
mahasiswa program studi bahasa Inggristelah
merevisi produk pengembangan buku ajar ini.
memenuhi syarat dan layak untuk dipakai.
kecil
terhadap buku ajarl modul Expository Essay
Komponen-komponen
coba ahli
buku alarl modul
expository essay writing, secara umum sudah
KESIMPULAN
ini ditunjukkan oleh kualifikasi mahasisa sebagai subyek uji coba
Expository Essay Writing ini mengikuti alur
pada kelompok kecil (5 mahasiswa) bahwa
prosedural model Dick and Carey (2001) yang
dari aspek sampuU cover, kata
menjadi acuan utama penyusunan produk modul ini. Pengembangan ini bersifat
layak. Hal penilaian
pengantar,
daftar isi, daftar gambar, petunjuk/ panduan,
kerangka
isi
Pengembangan produk bahan ajar
pembelaj arart, tujuan
sistematis karena mengikuti langkah-langkah
pembelajaran, uraian isi pembelajaran, gambar, rubric penilaian, dan daftar pustaka
pengembangan yang terdapat dalam model
yangdigunakan.
telah sesuai, jelas, menarik, tepat, mudah.
Berikut ini dipaparkan hasil tinjauan siswa secara kelompok (sekala lebih besar)
terhadap
buku alarl modul
matakuliah
Expos;itory Essay writing, sedangkan hasil
tinjauannya sebagai berikut: komponenkomponen buku ajar secara umum sudah layak. Hal ini ditunjukkan oleh kualifikasi
penilaian kelompok mahasisw a (40 mahasiswa) sebagai subyek uji coba kelompok, bahwa dari aspek sampul/ cover, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar,
petunjuk/ panduan, kerangka isi
Modul ini dikembangkan dengan di
uji cobakan untuk mendapatkan data sebagai balikan terhadap produk. Dan hasil uji coba menjadi dasar untuk merevisi modul ini. Uji coba melibatkan ahli isi (ahli essay writing), ahli rancangan pemelajaran. Penunjukan ahli
coba ini dengan pertimbangan kompetensi ahli di bidangnya. Uji coba lainnya melibatkan 1 (satu) orang dosen pengampu matakuliah expository essay sebagi
uji
writing dan sekelompok kecil (5 mahasiswa),
dan
uji
coba sekala lebih besar (40
mahasiswa) semester4.
pembelaj aran, tujuan pembelaj aran, uraian isi
Dari rangkaian uji coba: uji cobaAhli
pembelajaran, rubric penilaian, daftar
isi, uji coba dosen pengampu matakuliah
pustaka, dan rangkuman sudah layak (sesuai,
expository essay writing dan mahasiswa, dan
jelas, menarik, tepat, mudah), dan secara keseluruhan komponen buku ajarl modul
setelah produk direvisi sesuai dengan masukan dan saran dari data hasil uji coba
Expository essay writing tidakperlu direvisi.
maka produk modul ini akan diproduksi untuk
Berdasarkan hasil analisa dari uji
memenuhi kebutuhan bahan ajarl modul
Rahrnasqri, Rtfa'i, Pengembangan ModuiExpository Essay
matakuliah expository essay writing di lingkungan STKIP PGRI Blitar. produk akhir pengembangan buku ajar expository essay
writing
ini
secara obyektif harus diakui
adanya beberapa kelebihan dan kelemahan.
Kelebihan Produk pengembangan Perancangannya dengan menggunakan model
Dick and Carrey (2001) dan
mengacu
pendekatan ilmiah (scientiJic approach):
!)
Buku ajar ini telah di validasi oleh ahli isi matakuliah essay writing, dan ahli rancangan pembelajaran serta melalui tahapan penilaian dosen essay writng, dan uji coba lapangan dan
revisi, 2) Hasil penilaian paru ahli pemakai buku
ini
dan
240
l) Sebaiknya dosen dapat mengimplementasikan dengan menerapkan pendekatan ilmiah (scientific approach), 2) Sebaiknyapihak lembaga STKIp pGRI Blitar, bisa memperbanyak buku ajar ini sehingga semua mahasiswa dapat memilikinya danjuga sebagai koleksi di perpustakaan.
Saran diseminasi, dengan telah adanya produk bahan ajar expository essay
writing ini bisa disebarluaskan ke perguruan tinggi lain yang memiliki jurusan Bahasa Inggris di seluruh Jawa Timur baik untuk mahasiswa dan dosen sebagai penunjang pembelajaran.
secara keseluruhan telah
dinyatakan baik dan layak untuk digunakan, 3) Dalam buku ajarl modul expository essay
writing yang dikembangkan bersifat utuh dan
sudah memenuhi kebutuhan dalam pembelajaran karena pengorganisasiannya didasarkan pada hasil kebutuhan di lapangan, 4) Dengan menggunakan buku ajarl modul ini,
mahasiswa dapat memiliki ketrampilan mengarang expository essay writing dengan baik.
DAFTAR RUJUKAN Barr,R.B. andTagg, J. 1995 .From Tbaching to
Learning: A New paradigm'for "Change Unders tanding Education. 27,6,12-25.
Borg, W. R. and Gall, M. D.1983 . Educational
Research an Introduction. New York: Longmanlnc.
Brown, H.. D. 2007. Teaching by pinciples: An Interactive Approach to Language Pedagogt. San Francisco: PearsonLongman
Kelemahan Produk pengembangan:
1) Buku ajar expository essay writing ini dalam penggunaannya masih perlu ditunjang
dengan alat pemb elajaran (teaching aids) seperti LCD,2) Mengingat bahwa buku ajarl modul ini penggunaannya masih dalam
kontek penelitian, maka diperlukan upaya sosialisasi dan adaptasi pada mahasiswa dan
dosen,
Writing
3) Buku alarl modul ini
masih
diperlukan pengembangan lebih lanjut sehingga secara terus menerus dapat dikembangkan.
Saran Pemanfaatan pengembang produk menyarankan hal-hal sebagai berikut:
Dick,W and Carey, L.2001. The Systematic Design of Instruction. New york: Addition_Wesley Educational Publisherlhc.
Diknas. 2004. Pedoman (Jtama pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Ditj en dikdasmenum.
Fachrurrozy. 2012. kaching English as a Foreign Language for Teacher in Ind o nes i a. Malang: UM press. Hogue, Ann. ?003. The Essentials of English:
A Wriler's Handbook New York: Longman.
Kemdikbud. (2013).Konsep Pendekatan Scientific. Kementrian Pendidikan danKebudayaan
24
T CAKMWALA PENDIDIKAN,
T/OLUME
1
7, NOII,TOR
Lansan, John. 1986 . College Writing Skills with Reading. McGraw Hill Book Co.
Nation. I.S.P. 2009. Teaching ESL/EFL Reading and Writing. New York : Routledge Oshima, Alice and Ann Hogue.199l. Writing Academic English- 3 ed. NewYork: Longman. Prastowo, A .2012. Panduan Kreatif membuat bahan Aiar Inovatif. JogYakarta:
DIVAPress Riyadhi, Djaizdan Tapianto. 2009. Panduan
-
Penyusunan Modul. Jakarta: Poliieknik Negeri Media Kreatif.
Susivono
.
2009. Metode Penelitian
P endidikan P endekatan
Kualitatif, dan R Alfabeta.
Kuantitatif,
& D. Bandung
:
Sugiyono . 2011. Metode Penelitian Administrasi; DilengkaPi dengan M et o d e R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujadi,
2002. Metodologi Penelitian P endidikan Jakarta: Rineka ciPta
2, OKTOBER
20 I
5