FORUM DEKAN AIPKI Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, Msc, PhD
KOMISI – KOMISI DALAM AIPKI 1. KOMISI REGULASI & KELEMBAGAAN (AD/ART, PERUNDANGAN & ORGANISASI AIPKI) Sekjend + Wakil Sekretaris II ( Dr. Ratna Sitompul,dr,SpM(K) dan Dr. Setiawan,dr) a) Internasionalisasi (Pembentukan organisasi asosiasi institusi pendidikan kedokteran di regional ASEAN & kegiatan WFME & IMED) b) Full time staff c) Buletin AIPKI d) Penataan manajemen dengan SOP e) AIPKI Award untuk yang berjasa bagi AIPKI f) PEPKI 2012 g) Muktamar 2013 h) Advokasi ke stakeholders i) Struktur Organisasi yang lengkap: bank ekspert AIPKI j) Status badan hukum & kesekretariatan AIPKI (NPWP) k) Sarana dan prasarana sekretariat (kantor)
2. KOMISI PENGEMBANGAN PROGRAM WAKIL KETUA I + WAKIL SEKRETARIS I
a) b) c) d) e) f) g) h) i)
(Prof.dr. Med. Tri Hanggono Achmad dan Dr. Ova Emilia,M.Med.Ed) HPEQ & sustainability-nya Pengembangan journal pendidikan kedokteran dan kesehatan AIPKI Pembinaan institusi anggota: detasering, studi banding Penyusunan evaluasi diri di AIPKI Wilayah Penataan MOU FK dengan RS Pendidikan Advokasi untuk pengelolaan RS Pendidikan KIDI pusat dan daerah untuk penyelenggaraan Internships Leaderships Training Project hunting
3. KOMISI PENDIDIKAN DOKTER WAKIL KETUA I + BENDAHARA II (PROF.DR. TRI HANGGONO ACHMAD DAN DR. IRMA SUSWATI, MKES) a) b) c) d) e)
f)
g) h) i)
Penyiapan OSCE 2012 Pemantapan CBT Peningkatan kelulusan UKDI Pengembangan kurikulum tahap profesi sehingga bisa setara S2 Penguatan Badan Kerjasama Departemen (serupa Kolegium) Ilmu2 Biomedik, Klinik, Humaniora dan IKM Penyiapan dan pembukaan, pemantauan, evaluasi dan pembinaan prodi & akreditasi Pendampingan prodi kedokteran menjadi FK. Pengembangan kurikulum profesionalisme & karakter IPE
4. KOMISI PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS DAN SUB SPESIALIS WAKIL KETUA III + WAKIL SEKRETARIS I ( DR.DR. MARDI SANTOSO,SPPD-KEMD DAN DR. OVA EMILIA,M.MED.ED) a)
b) c) d) e)
f) g) h)
Seleksi mahasiswa PPDS (Seleksi nasional PPDS -> SubPokja PPDS untuk seleksi mahasiswa & SubPokja PPDS untuk penempatan peserta PPDS) Perluasan prodi PPDS Kesetaraan akademik Advokasi persyaratan pembukaan prodi PPDS Muatan Patient Safety dan EBM* (Lokakarya Implementasi Patient Safety dan EBM pada PPDS) Pembiayaan pendidikan* (Pokja penghitungan SKS pada PPDS) Distribusi lulusan* Kejelasan legalitas dan pengelolaan program konsultan
5. KOMISI PROGRAM KEPEMIMPINAN DALAM KEMAHASISWAAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT WAKIL KETUA II + WAKIL SEKRETARIS II (DR.DR. MASRUL,MSC,SPGK DAN DR. SETIAWAN) a)
b)
c)
d)
e)
Dukungan institusi terhadap kegiatan kemahasiswaan dari segi perizinan, pendanaan kegiatan Forum Wakil Dekan Kemahasiswaan seIndonesia AIPKI relieve untuk koordinasi bantuan siaga bencana AIPKI Award untuk Prodi terbaik dalam mendukung kegiatan kemahasiswaan Roadshow kesehatan, seperti ke sekolah untuk promotif dan preventif
6. KOMISI PASCA SARJANA DAN RISET WAKIL KETUA II + BENDAHARA (DR.DR. MASRUL,MSC,SPGK DAN PROF.DR. AGUNG PRANOTO,SPPD) a)
b) c) d) e) f) g) h) i) j) k)
Lembaga Survey Masalah Kesehatan Masyarakat Mapping dosen FK calon peserta Pascasarjana Pembinaan prodi pascasarjana antar institusi anggota Advokasi regulasi terkait pendidikan pascasarjana Pencarian dana-dana untuk pengembangan pendidikan pascasarjana Perlu dibentuk divisi pengembangan pascasarjana dan riset Pembinaan institusi antar institusi anggota untuk riset (penulisan proposal penelitian) Latihan penulisan jurnal ilmiah nasional Pencarian dana-dana riset Penyusunan sistem riset kesehatan nasional di Indonesia Kerjasama artikel ilmiah untuk penguatan Jurnal Ilmiah Kedokteran
7. KOMISI SUMBER DAYA (MANUSIA) DAN KEUANGAN WAKIL KETUA III + WAKIL BENDAHARA I (DR.DR. MARDI SANTOSO,SPPD-KEMD DAN DR. EMIL B MOERAD,SPP) a) b)
c)
d)
e) f)
ARSPI untuk Pengaturan Pembiayaan Database sarana prasarana dan resource sharing Akselerasi rekruitmen dosen dan tenaga pendidik Pengakuan staf akademik dari institusi pelayanan kesehatan Advokasi untuk formasi dosen FK se-Indonesia Standard tarif (penghitungan unit cost)
RUANG LINGKUP KERJA POKJA AIPKI TAHUN 2011-2013 1. Pokja 1 Standard pendidikan dokter Indonesia (pendidikan dan kompetensi) Menyelesaikan draft SKDI dan SPPD Memonitor dan evalulasi dengan Visitasi FK khusus untuk Bimtek Mengkoordinir review kurikulum terhadap implementasi (wilayah) untuk memberikan masukan revisi dan updating kurikulum
POKJA 2 INTERNSHIP Terlibat dalam perencanaan dan monev internship, report dari dr Iskandar (wakil AIKPI di KIDI Pusat). Merumuskan konsep internship terutama untuk pelatihan pendamping dan konsep evaluasi Melakukan advokasi dengan PPSDM dan Mendagri untuk pelaksanaan wajib kerja pemberdayaan tenaga kerja pasca internship Memfasilitasi advokasi implementasi internship secara sistematik dengan melibatkan dinas prop dan pemda setempat. Melakukan advokasi penganggaran internship
POKJA 3 RS PENDIDIKAN Membantu penetapan RS pendidikan, menambah jumlah Melakukan mapping RS pendidikan sesuai dengan konsep regionalisasi Memberikan masukan dan pembinaan terhadap RS pendidikan Menyusun konsep RS pendidikan universitas terkait tata kelola dan pembiayaan Mengkoordinir pembahasan perencanaan anggaran pendidikan rumah sakit pendidikan
POKJA 4. PPDS (KRITERIA: KETUA TKP/LEMBAGA SEJENIS UNTUK PPDS)
Menyusun konsep seleksimahasiswa PPDS secara nasional (Seleksi nasional PPDS --> SubPokja PPDS untuk seleksi mahasiswa & SubPokja PPDS untuk penempatan peserta PPDS)
Menyusun konsep tata cara perluasanprodi PPDS
Mengkajikesetaraanakademik dg S3
Melakukanadvokasipersyaratanpembukaanprodi PPDS
Melakukan pengembangan materi didik: PatientSafety dan EBM* (Lokakarya Implementasi Patient Safety dan EBM pada PPDS)
Mengkajidistribusilulusan*KebutuhanNakesdr/DSpNasional daerah Mengkajikejelasanlegalitas dan pengelolaan program konsultan Mengembagangkan modul elektif antar senter pendidikan PPDS, dirumuskan mekanisme dan pemetaan, credit transfer
Melakukan advokasi tindak lanjut BPPDS
Mengkaji penghitungan SKS PPDS
POKJA 5 PEMBIAYAAN PENDIDIKAN Melakukan penghitungan unit cost pendidikan dokter Melakukan diseminasi hasil dan pelatihan Melakukan penghitungan unit cost PPDS dan pelatihan Melakukan pengembangan konsep reward untuk residen
POKJA 6 UU PENDIDIKAN DOKTER (KRITERIA: MEMAHAMI ASPEK HUKUM ATAU FILOSOFI PENDIDIKAN KEDOKTERAN) Mengkaji dan membantu penyusunan UU pendidikan kedokteran Menyiapkan perangkat hukum dibawah UU dalam PP atau SK menteri Menganalisis dan mengusulkan perubahan peraturan yang sekarang ada bila diperlukan
POKJA 7 KEMAHASISWAAN (KRITERIA: PEMBINA KEMAHASISWAAN) Penataan struktur organisasi dan program pokok kemahasiswaan Memfasilitasi penyusunan agenda nasional kemahasiswaan Menata kerja forum dekan kemahasiswaan
POKJA 8 KERJASAMA INTERNASIONAL Mendorong scholarship FAIMER atau scholarship yang lain Mendorong dan mengkoordinir Akreditasi internasional Mengembangkan program resource sharing untuk international assisstance
POKJA 9 HPEQ & KEBERLANJUTANNYA Menyiapkan exit strategi tahun 2013 setelah HPEQ (3 komponen SDM LAM, LPUK) Mengembangkan program penguatan institusi non HPEQ
POKJA 10 PANGKALAN DATA FK (KRITERIA: PENGELOLA EPSBED)
Membantu menyusun PDPT (kamus dan sosialisasi persiapan pelaksanaan)
POKJA 11 PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM (KRITERIA: EXOFFICIO PENGELOLA SDM) M Mengkaji ‘sharing SDM’ melaluidatasering, mengkajipengelolaan SDM Akademikdiwahanapendidikan(dalam bentuk e learning dan pengakuan kredit) Memantau dan mendorong penyelesaian Dosen pendidik klinikmenuju profesor klinik dan penghargaan yang setara (termmasuk pengakuan universitas) Membantu penyelesaian status dokter pendidik klinik
POKJA 12 AKREDITASI DAN PERIJINAN (KRITERIA: PENGELOLA UNIT PENJAMINAN MUTU) Melakukan pembinaan institusi yang belum berhasil diakreditasi Mengusulkan penutupan institusi dan rencana penyelesaian akibat penutupan institusi (misal stop menerima, merger, dibantu oleh PT di wilayah nya)
POKJA 13 PENGEMBANGAN PASCASARJANA (KRITERIA: PENGELOLA PASCASARJANA) Melakukan standarisasi program pada staf institusi pendidikan untuk pendidikan pasca sarjana (melakukan mapping kebutuhan dari tiap institusi per wilayah). Regulasi thn 2014 bahwa dosen harus S2 Mendorong institusi untuk membuka prodi pasca sarjana dan tukar pengajar, prosesnya
POKJA 14 PENGUATAN JURNAL ILMIAH KEDOKTERAN (KRITERIA: PENGELOLA JURNAL ILMIAH) Mengembangkan sharing jurnal di institusi, mapping berdasarkan penerbit asal dan konten Mendorong pembuatan jurnal Mendorong peningkatan kualitas jurnal, sharing mitra bestari
POKJA 15 RISET (KRITERIA: PENGELOLA UNIT RISET) Melakukan mapping aktivitas penelitian Mendorong kerjasama antar institusi dalam cluster riset. Mendorong pengajuan hibah nasional ataupun internasional